Pengoptimalan Media Sosial Untuk Bisnis Online Agar Tepat Sasaran

 

Hadirnya media sosial sedikit banyak merubah berbagai aspek kehidupan kita, salah satunya adalah dalam dunia bisnis. Kini media slotid88 sosial tidak hanya menjadi tempat komunikasi dan berbagi konten antar penggunanya saja, namun banyak bisnis yang mulai merambah ke dunia sosial media.

Namun tentunya penggunaan media sosial untuk bisnis online membutuhkan pengetahuan tersendiri agar bisa memaksimalkannya untuk promosi. Pastinya kita tidak bisa asal membagikan konten bisnis seperti halnya untuk penggunaan pribadi. Ada tips dan trik tersendiri untuk membangun dan mengembangkan bisnis melalui media sosial.

Pengoptimalan Media Sosial Untuk Bisnis Online Agar Tepat Sasaran

Penggunaan media sosial untuk bisnis dan pribadi tentunya punya cara yang berbeda. Media sosial untuk bisnis tentunya harus mempunyai strategi tersendiri agar dapat berkontribusi terhadap penjualan. Ada beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan media sosial untuk mengembangkan bisnis online seperti :

  1. Pilih medsos yang tepat

Setiap media sosial tentunya mempunyai karakteristiknya tersendiri, jadi Anda harus bijak dalam memilih medsos yang sesuai. Sebagai contoh bila Anda ingin melakukan penjualan langsung, instagram dan facebook bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun sebaiknya Anda fokus di salah satunya lebih dulu, barulah bila sudah menghasilkan lead merambah ke media sosial lainnya.

Namun bukan berarti bisnis Anda tidak boleh memiliki lebih dari 1 jenis media sosial. Anda bisa membuat beberapa jenis akun media sosial untuk bisnis dan brand kita, namun ketika kita fokus di salah satunya maka gunakan medsos lainnya sebagai pendamping lebih dulu. Kini media sosial juga menyediakan banyak fitur yang membantu dalam memasarkan bisnis, sehingga memang sangat cocok mempromosikan bisnis melalui sosial media.

  1. Gunakan foto maupun video semenarik mungkin untuk kontennya

Konten menjadi hal vital dalam media sosial bisnis, dari sinilah orang akan mengetahui produk dari bisnis Anda. Jadi pastikan Anda menggunakan foto maupun video produk terbaik yang semenarik mungkin untuk meningkatkan minat konsumen. Bila mempunyai anggaran yang cukup, jangan ragu menggunakan jasa profesional dalam mengambil serta mengedit foto dan video produk meskipun akan menambah biaya tersendiri di awal.

  1. Atur jadwal posting agar bisa dilihat banyak audiens

Setelah mempunyai foto dan video yang bagus sebagai konten, tentunya langkah selanjutnya adalah mempostingnya ke media sosial. Namun disini Anda tidak boleh mempostingnya di sembarang waktu, pastikan konten diposting di waktu yang tepat agar bisa dilihat oleh banyak orang.

Tentunya tidak setiap saat seseorang menggunakan sosial media, ada saat dimana seseorang bahkan tidak memegang handphonenya sama sekali. Buatlah jadwal posting di jam-jam dimana seseorang umumnya tengah bersantai sambil menikmati handphonenya. Sebagai contoh ambil jam 12 siang dimana banyak pekerja yang tengah beristirahat atau sore hari ketika banyak orang yang tengah bersantai.

Umumnya pada saat tersebut banyak orang tengah menikmati menggunakan handphone mereka, dan umumnya media sosial menjadi salah satu yang akan dibuka. Maka memposting di waktu-waktu tersebut peluang konsten bisnis Anda dilihat oleh user media sosial akan semakin besar.

  1. Gunakan metode promosi soft selling

Konten promosi yang sifatnya soft selling merupakan hal yang disukai oleh pengguna media sosial, ini bisa menjadi pilihan strategi yang tepat untuk media sosial bisnis Anda. Teknik ini membuat Anda bisa menjual produk bahkan tanpa harus menggunakan promosi berlebihan, sebab tanpa sadar konsumen akan tersihir untuk membelinya.

Mengapa Teknik Soft Selling Perlu dalam Berbisnis Online?

Disamping itu, audiens juga kerap terganggu dengan konten promosi atau penjualan langsung sehingga teknik soft selling akan menjadi pilihan yang tepat. Sebagai contoh bila Anda akan menjual produk skincare, maka konten yang dibuat bisa tentang tips memilih skincare yang aman hingga cara pemakaiannya yang benar. Jadi disini konten dibuat secara umum dengan sedikit bumbu soft selling.

  1. Bagikan ulasan maupun testimoni positif dari pelanggan

Salah satu cara untuk membangun kredibilitas bisnis Anda adalah dengan membagikan ulasan maupun testimoni positif dari pelanggan. Ulasan ini dapat dibagikan dalam bentuk screenshot maupun kanal khusus untuk mereview produk Anda. Dari konten ini calon konsumen dapat menilai bagaimana produk dan layanan bisnis Anda.

Tingkat kepercayaan konsumen pada produk bisnis Anda akan semakin meningkat dnegan semakin banyaknya ulasan positif yang diberikan pelanggan. Namun untuk mendapatkan ulasan positif tentunya pelanggan Anda harus merasa puas dengan produk dan layanan yang diberikan. Dengan begitu mereka akan dengan sukarela memberikan ulasan positif terhadap bisnis Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post